ttabei dengan demikian Ho ditolak, artinya ada pengaruh positif rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan pembelajaran konvensional yang digunakan SMP N 2 Tegineneng. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning mempengaruhi hasil belajar siswa karena dalam proses pembelajaran siswa dituntut aktif, kreatif, berfikir kritis dan memecahkan masalah secara mandiri serta dapat menghubungkan dalam kehidupan sehari-hari." />
Text
Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Tegineneng TP 2014/2015
ABSTRAK
Febriana, Wahyu. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Materi SPLDV Kelas VJIJ SMP Negeri 2 Tegineneng Tahun 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Stud! Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Dr. Agus Sutanto, M.Si. (II) Swaditya Rizki, M.Sc.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Hasil belajar
Hasil belajar siswa SMP N 2 Tegineneng masih relatif rendah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah model pembelajaran yang tidak bervariasi atau monoton dan kurang menunjang kreatifitas siswa. Hal ini terlihat dari siswa yang nilai hasil belajarnya mendapat nilai > 70 (tuntas) sebanyak 4 siswa atau 13,333%. Maka tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP N 2 Tegineneng.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan ada\ah"Posttest Only Control Design". Penelitian ini mengambil 2 kelas dari 4 kelas VIII. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan yang terpilih adalah kelas VIIIc sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa seperangkat tes soal essay sebanyak 6 soal. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-T untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan diteliti.
Hasil penelitian bahwa model Project Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar matematika kelas VIII SMP N 2 Tegineneng dengan hasil yang diperoleh pada perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thjtUng = 2,887 dan ttabei = 2,002 hal ini menunjukkan bahwa tuning > ttabei dengan demikian Ho ditolak, artinya ada pengaruh positif rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan pembelajaran konvensional yang digunakan SMP N 2 Tegineneng. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning mempengaruhi hasil belajar siswa karena dalam proses pembelajaran siswa dituntut aktif, kreatif, berfikir kritis dan memecahkan masalah secara mandiri serta dapat menghubungkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain