Text
Perbandingan hasil belajar matematika antara pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individu pada siswa kelas VIII MTs Ma'arif 02 Kota Gajah TP 2013/2014
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA
PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN
PEMBELAJARAN INDIVIDU
AMINULAH TAMIMI
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro E-mail: aminullahtamimi@ymail.com
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individual serta ingin mengetahui faktor-faktor yang membedakan perbedaan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskiptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma'arif 02 Kotagajah tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG dan VIIIH. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Metode pengolahan data menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitaf menggunakan statistik perbandingan uji -t. sedangkan diskriptif kualitatif meliputi langkah-langkah : pengerjaan, pengorganisasian pemecahan dan sentesis data serta pencarian pola, pengungkapan hal penting, dan penentuan apa yang dilaporkan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dan yang menggunakan pembelajaran individu dan rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran individu. 2) Faktor yang menyebabab perbedaan antara model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran individual adalah dalam model pembelajaran kooperatif siswa mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi kelompok, dan tanya jawab kepada teman sejawat, sehingga siswa dapat bertukar pendapat dan berbagi ilmu pengetahuan untuk memecahkan sebuah masalah.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka dikemukakan saran-saran sebagai berikut: 1) Gunakan model pembelajaran kooperatif karena mudah diterapkan dan mudah diikuti siswa. 2) Gunakan model pembelajaran kooperatif karena merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan pada materi fungsi.
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, pembelajaran individu, perbedaan hasil belajar
Tidak tersedia versi lain