Text
Pengaruh pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap TP 2014/2015
ABSTRAK
Wahyu, Arief Dwi 2015. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 3 Satu Atap Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Drs. Anak Agung Oka, M. Pd (II) Swaditya Rizki, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses serangkaian interaksi antar guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam suatu edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Namun dalam proses belajar mengajar selalu ada siswa-siswa yang lambat memahami materi pelajaran yang diberikan sehingga kurang mampu memahami materi dan akibatnya hasil belajar yang diperoleh rendah.. Oleh sebab itu, solusinya adalah dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkakan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Satu Atap dengan populasi siswa kelas VII semester ganjil yang berjumlah 106 siswa yang dibagi dalam 4 kelas, sampel penelitian ini ditentukan 2 kelas dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian. Jenis penelitian ini adalah Quasy Exsperimental (eksperimen semu) dengan desain Post-test Only Design Teknik analisis data penelitian meliputi uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T
Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data tes mengunakan uji perbedaan dua rata-rata (pihak kanan) dengan formulasi uji-t, diperoleh thu = 6,373 sedangkan ttab untuk t dengan a = 0,05 adalah 2,426, sehingga terlihat bahwa thuUng>ttabei atau 6,373 > 2,426. Kriteria uji jika thitung>Uabei maka Ho ditolak. Dengan demikian Hi diterima yang berarti bahwa rata-rata skor hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih besar daripada rata-rata skor hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain