Text
Pengaruh penggunaan media film terhadap minat mengikuti layanan bimbingan kelompok pada siswa SMP Negeri 5 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Paramita, Yulia. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Smp Negeri 5 Metro. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Jurusan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Drs. H. Hadi Rahmat M.A. (II) Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd
Kata Kunci: Minat Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Film.
Penelitian difokuskan pada: Minat siswa yang diberi Layanan Bimbingan kelompok dan Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan media film pada Siswa SMP NEGERI 5 METRO. Rumusan masalah penelitian adalah: Apakah ada pengaruh positif dalam penggunaan media film terhadap minat siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 5 METROTahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan Penelitian adalah: Untuk mengetahui pengaruh positif dalam penggunaan media film terhadap minat mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Desain penelitian adalah penelitian eksperimen Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 217 siswa dan sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Teknik sampling penelitian menggunkan Proportionate Stratified Random Sampling dengan kriteria sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi, kurang dan sangat kurang. Instrumen dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Uji validitas dilakukan melalui uji validitas butir item dan hasil uji reliabilitas adalah 0?99. Hasil uji beda diperoleh layanan bimbingan kelompok diperoleh perhitungan
g = 4,70> ttabei = 1,729 dari signifikasi 0,05 dan derajat kebebasan (db = n - 1 = 10-1 = 9), sedangkan hasil uji hipotesis layanan bimbingan kelompok menggunakan media film diperoleh perhitungan truing = 4,34> ttabei = 1,729 dari signifikasi 0,05 dan derajat kebebasan (db = n - 1 = 10-1 = 19).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan layanan bimbingn kelompok menggunakan media film lebih besar pengaruhnya dalam mengatasi masalah minat siswa. Saran agar minat siswa terus meningkat dan menjadi baik maka dapat dilaksanakan layanan bimbingan kelompok menggunakan media film sehingga dapat membantu meningkatkan minat siswa.
Tidak tersedia versi lain