Text
Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap pengurangan perilaku bullying siswa SMP Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur TP 2014/2015
ABSTRAK
ABSTRAK
Wulandari Safitri, Eka. (2015) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pengurangan Perilaku Bullying Siswa SMP Negri 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Jurusan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Juhri AM, M.Pd (2) Yuni Novitasari, M.Pd.Kons
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Pengurangan Perilaku Bullying.
Rumusan masalah penelitian adalah: Adakah pengaruh layanan konseling kelompok terhadap pengurangan perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur tahun ajaran 2014/2015. Tujuan Penelitian adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan konseling terhadap pengurangan perilaku bullying siswa di SMP Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur tahun ajaran 2014/2015.
Desain penelitian adalah menggunakan model eksperimen one-group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 270 siswa dan sanpel penelitian berjumlah 10 siswa. Teknik sampling penelitian menggunakan sampling purposive dengan dasar pertimbangan yang digunakan dalam ~enentukan sampel dalam penelitian ini adalah tingkat perilaku bulying siswa tinggi, yaitu siswa-siswa yang berperilaku bulying tinggi bahkan sangat tinggi yang dilihat dari hasil penyebaran angket Hasil uji diperoleh layanan konseling kelompok dan diperoleh perhitungan thitung = 13,568 > ttabei= 0,678 dari signifikasi 0.05 dan derajat kebebasan (db = n - 1 = 10 - 1 = 9),
Kesimpulan pada penelitian ini adalah layanan konseling kelompok yang dilaksanakan berpengaruh positif terhadap pengurangan perilaku bullying ithususnya pada siswa SMP Negeri 1 Purbolinggo. Saran: Kepada kepala sekolah, agar lebih bekerja sama dengan guru Bimningan Konseling untuk mengatasi ■asalah siswa khususnya masalah perilaku bullying siswa. Kepada Guru Bimbingan Konseling untuk lebih memanfaatkan layanan konseling kelompok khusus dalam mengatasi masalah perilaku bullying siswa. Kepada Guru agar mampu berkeria sama dengan guru Bimbingan Konseling khususnya dalam mengurangi perilaku bullying siswa yang tinggi. Penliti Lain: agar sedia melakukan penelitian kembali disekolahan yang berbeda dengan topik yang sama vnitu penggunaan layanan konseling kelompok terhadap pengurangan perilaku bullying siswa.
Tidak tersedia versi lain