Text
Perbedaan pengaruh antara layanan bimbingan kelompok homogen dan bimbingan kelompok hetrogen terhadap kepercayaan diri siswa SMP Negeri 2 Metro
ABSTRAK
Ma'rifah, Luluk. 2015. Perbedaan Pengaruh antara layanan bimbingan kelompok homogen dengan layanan bimbingan kelompok hetrogen terhadap kepercayaan diri siswa. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Jurusan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Marzuki Noor,M.S. (II) Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd.
Kata Kunci: kepercaya diri, layanan bimbingan kelompok homogen, layanan bimbingan kelompok hetrogen.
Penelitian difokuskan pada: Percaya Diri Siswa yang Diberi Layanan Bimbingan Kelompok homogen dengan Layanan bimbingan kelompok hetrogen Pada Siswa SMP NEGRI 02 metro. Rumusan masalah penelitian adalah: Adakah perbedaan yang signifikan layanan bimbingan kelompok homogen dengan layanan bimbingan kelompok hetrogen terhadap kepercaya diri siswa kelaslllV G SMP NEGRI 02 Metro. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara percaya diri siswa yang mengikuti layanan bimbingan kelompok homogen dengan layanan bimbingan kelompok hetrogen siswa kelas IIIV G SMP NEGRI 02 Metro.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi terdiri dan 204 siswa dan sampel terdiri dari 22 siswa, 12 siswa untuk dijadikan kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk dijadikan kelompok kontrol. Uji validitas dilakukan melalui uji validitas butir item dan hasil uji reliabilitas adalah 0,773. Instrumen dalam pengambilan data menggunakan metode angket dengan analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini, ditunjukkan oleh selisih perubahan skor kepercayaan diri siswa dari hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen sebesar 13,27 dan hasil pre-test dan post-test kelompok kontrol sebesar 6,33. Pengujian hipotesis diperoleh perhitungan kelompok eksperimen thitung= 6,186> ttabei = 1,79 dari signifikasi 0,05 dan derajat keabsahan (db = N-l = 12-1 = 11), dengan demikian Ho ditolak. Dan kelompok kontrol thitung = 3,815> ttabei - 1,53 dari signifikasi 0,05 dan derajat keabsahan (db = N-l = 10-1 = 9).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah antara layanan bimbingan kelompok homogen dengan layanan bimbingan kelompok hetrogen yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kepercaya diri siswa khususnya kelas IIIV G SMP .N 02 Metro adalah layanan bimbingan kelompok hetrogen. Saran: Agar kepercayaan diri siswa dapat meningkat maka dilaksanakan bimbingan dan konseling dengan layanan bimbingan kelompok hetrogen, serta agar layanan bimbingan kelompok homogen dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam mengatasi rasa percaya diri, maka siswa ditumbuhkan percaya dirinya agar mampu menghadapi resiko yang dihadapi.
Tidak tersedia versi lain