Text
Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui permainan puzzle dengan menggunakan metode picture and picture kelas XI SMKA Kesumabhakti semester ganjil TP 2013/2014
ABSTRAK
Setyaningsih, Mey 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Permainan Puzzle dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Kelas XI SMA Kesumabhakti Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Muhfahroyin, S.Pd., M.TA. (II) Dr. Agus Sutanto, M.Si.
Kata Kunci: Metode Picture and picture, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar.
Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi, merangsang kegiatan belajar dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Dengan menggunakan media permainan puzzle, diharapkan siswa lebih tertarik dengan media permainan. Selama ini dalam proses pembelajaran khususnya guru SMA, guru biasanya menggunakan media gambar dan model. Dengan menggunakan media permainan diharapkan semua siswa dalam satu kelas dapat lebih memahami materi yang disampaikan guru sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun tujuan yang diharapkan dari dilaksanakannya penelitian ini antara lain: (1) Meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa melalui permainan puzzle pada siswa dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture kelas XI SMA Kesumabhakti semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. (2) Meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa melalui permaina/? puzzle pada siswa dengan menggunakan metode picture and picture kelas XI SMA Kesumabhakti semenster ganjil tahun pelajaran 2013/2014.
Penulis menggunakan Pendekatan Deskriptif Kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kesumabhakti Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik Analisis Data dengan lembar observasi. Setelah dilakukan observasi kemudian dihitung jumlah aktivitas siswa yang dilakukan untuk setiap siswa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan permainan puzzle menggunakan metode picture and picture, tes formatif yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir siklus.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran dengan metode picture and picture dapat meningkatkan aktivitas siswa XI IPAi SMA Kesumabhakti Semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat sebesar 14,96% atau menjadi 59,91%% pada siklus II. (2) Pembelajaran menggunakan metode metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI IPAi SMA Kesumabhakti Semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 17,24 % pada siklus 11.
Tidak tersedia versi lain