Text
Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak Semester Genap TP 2014/2015
ABSTRAK
Aminulloh. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP N1 Seputih Banyak Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. H. Nyoto Suseno, M.Si. (2) Dra. Hj. HRA. Mulyani, M.TA.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains,
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Seputih banyak. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VIIIa SMP Negeri 1 Seputih banyak diperoleh gambaran tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran berlangsung sebagai berikut: siswa dalam mengamati objek sudah cukup sesuai dan teliti dengan konsep yang ada, siswa menjawab pertanyaan kurang tepat dengan hasil pengamatan, siswa kurang teliti membaca skala dalam pengukuran, siswa meramalkan yang akan terjadi pada demonstrasi kurang sesuai dengan masalah yang ada, siswa meyimpulkan sebagian mated kurang mandiri dalam menyimpulkan hasil demonstrasi yang telah dilakukan. Alternatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa adalah dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor positif apa saja yang menyebabkan penggunaan metode inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini tergolong jenis penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian kelas VIII SMP N 1 Seputih Banyak. Sampel penelitian adalah kelas Villa yang terdiri dari 31 siswa. Qntuk mendapatkan data keterampilan proses sains menggunakan instrumen tes unjuk kerja sebelum dan setelah menggunakan metode inkuiri terbimbing. Pengolahan data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata atau sebelum dan setelah perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian keterampilan proses sains siswa pada setiap indikatornya mengalami peningkatan sangat baik pada proses mengamati dan mengukur, serta dalam proses mengklasifikasikan, mengkomunikasikan, memprediksi dan menyimpulkan sudah baik, hal ini ditunjukan dari data hasil observasi keterampilan proses sains siswa. Sedangkan dari analisis diperoleh bahwa rata-rata keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan metode inkuiri terbimbing lebih besar dari pada rata-rata keterampilan proses sains sebelum menggunakan nietode Inkuiri terbimbing yang ditunjukkan pada taraf signifikansi 5% thit> tdaf dimana tut = 3,41 sedangkan tdaf = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Seputih Banyak. Berdasarkan hasil penelitian disarankan baik bagi siswa, guru, maupun sekolah hendaknya mendukung terlaksananya metode inkuiri terbimbing yang berpengaruh terhadap keterampilan proses sains fisika siswa.
Tidak tersedia versi lain