Text
Pengaruh model pembelajaran THINK PAIR SHARE (TPS) terhadap hasil belajar fisika dalam ranah kognitif sisa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2014/2015
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untnk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar ranah kognitif dan faktor-faktornya positifhya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan untuk taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung - 2,24 lebih tinggi dari tdaftar= 1,68. Oleh karena itu model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Keberhasilan belajar selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TPS karena adanya waktu lebih bagi siswa untuk berpikir secara4ndividu dan bekerja secara kelompok dengan pasangannya untuk berdiskusi mengenai permasalahan yang diberikan, dan menyebabkan pemahaman siswa mengenai materi lebih mendalam. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif.
Kata Kunci: Pengaruh Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Ranah Kognitif
Tidak tersedia versi lain