Text
Analisis k4sulitan siswa menyelesaikan soal essay pada materi gerak lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Semuli Lampung Utara tahun ajaran 2014/2015
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kesulitan apakah yang dialami siswa dalam pemahaman konsep, 2. Untuk mengetahui kesulitan dalam prosedural, 3. Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam perhitungan, 4. Untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal essay ditinjau dari kerumitan materi gerak lurus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Abung Semuli Lampung Utara. Jenis Penelitian adalah deskriftif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Berdasarkan pembahasan yang diperoleh disimpulkan sebagai berikut: 1. Prosentasi kesulitan memahami konsep jarak dan perpindahan adalah 61%, kesulitan memahami konsep kelajuan dan kecepatan adalah 51% dan kesulitan memahami konsep perlajuan dan percepatan adalah 58%. 2. Dalam melaksanakan prosedural, siswa mengalami kesulitan dalam menggambarkan peristiwa gerak lurus pada kehidupan sehari-hari adalah 63,15%, kesulitan menjelaskan pengertian Gerak Lurus Beraturan adalah 38,33%, kesulitan menggambarkan grafik hubungan jarak dan waktu adalah 55% dan menjelaskan grafik tersebut adalah 82,5%. 3. Prosentase kesulitan menuliskan rumus dan oprasi hitung adalah 78,75% dan kesulitan menuliskan satuan akhir adalah 46%. 4. Tingkat kompleksitas materi tergolong rendah yaitu pada materi perlajuan sebanyak 80%, kompleksitas materi tergolong sedang pada materi perlajuan, percepatan dan Gerak Lurus Beraturan, pada materi Gerak Lurus Beraturan jenis kesulitan paling banyak pada prosedural sebanyak 95%, sedangkan kompleksitas materi tergolong tinggi pada materi Gerak Lurus Berubah Beraturan dengan jenis kesulitan paling banyak pada perhitungan sebanyak 100%.
Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Soal Essay, Gerak Lurus
Tidak tersedia versi lain