Text
Penilaian pembelajaran matematika
Penilaian pembelajaran matematika merupakan suatu proses sistematikdan terencana yang bertujuan menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran matematika telah dicapai. Penilaian perlu dilakukan oleh guru secara komprehensif. Guru diharapkan dapat memahami cara menilai dan mengukur kemampuan siswanya dengan benar, karena benar atau tidaknya analisis pada hasil pembelajaran siswa juga ditentukan oleh kebenaran penyusunan instrumennya. Guru harus mampu menyusun instrumen yang benar, jelas yang akan diukur sesuai dengan target dan capaian program pembelajaran.
Dalam buku ini, diuraikan mengenai penilaian dan pengukuran yang sebenarnya, baik selama proses pembelajaran maupun setelah pembelajaran. Uraian lainnya yaitu mengenai cara menyusun instrumen yang tepat berdasarkan kajian kemampuan matematik yang harus dimiliki siswa dengan tetap mengikuti perkembangan kurikulum yang berlaku, dan tuntutan pengembangan kurikulum yang lebih mengutamakan pada soft skills dan hard skills siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan uraian mengenai contoh-contoh instrumen kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi (higher order mathematical thinking) dan juga kemampuan berpikir matematik Ian jut [advanced mathematical thinking). Dengan membaca buku ini dan melaksanakan penilaian pembelajaran matematika, pembaca diharapkan dapat memperoleh manfaat, baik wawasan maupun hasil penilaian pembelajaran matematika yang lebih
Tidak tersedia versi lain