Text
Landasan dan wawasan pendidikan : suatu pendekatan kompetensi guru
Dalam kesempatan yang mulia ini penulis buku yang berjudul: LAN DAS AN & WAWASAN PENDIDIKAN Suatu Pendekatan Kompetensi Guru, mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah subhanahu wat'ala, bahwa karena Ridho-Nya semata buku ini diterbitkan kembali karena masih banyaknya mahasiswa yang mengambil matakuliah PENGANTAR PENDIDIKAN meminta buku tersebut untuk diterbitkan kembali. Buku ini dijadikan sebagai bahan acuan utama dalam pengembangan wawasan pengetahuan secara teoretik dan pengalaman empirik tentang masalah pendidikan yang harus dikuasasi sebagai calon pendidik profesional.
Pada cetakan keempat ini dilengkapi dengan contoh Lembar Kerja, Analisis keterkaitan SKL, KI, dan KD, contoh Pengembangan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk tematik kelas I SD kurikulum 2013, dan contoh analisis Silabus sejalan dengan amanat Kurikulum 2013-2015. Pada silabus ini lebih menekankan pada pembelajaran tematik sebagaimana yang dituntut dan harus dikuasai serta mampu mengimplementasikan dalam praktek pembelajaran di kelas. Yang dimaksud dengan pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dilakukan melalui Tema sebagai pemersatu, sebagai pusat perhatian yang dipergunakan untuk memahami gejala dan konsep. Pembelajaran tematik sangat penting hal ini didasarkan pada:
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak melihat dunia sebagai suatu keutuhan
yang tefhubiirig, bukanriya penggalan-penggalan lepas dari terpisah.
2. Mapel-mapel sekolah dasar dengan definisi kompetensi yang berbeda
menghasilkan banyak keluaran yang sama.
3. Keterkaitan satu sama Iain antaf mapel-mapel sekolah dasar fnenyebabkan
keterpaduan konten pada berbagai mapel dan arahan bagi siswa untuk mengaitkan
antar mapel akan meningkatkan hasil pembelajaran siswa.
Buku ini sangat berguna dan memberi manfaat yang cukup besar bagi para pendidik profesional, calon pendidik profesional, dan para pengelola pendidikan sebagai wawasan pengetahuan tentang pendidikan yang dapat dipergunakan pula untuk bahan diskusi dalam pengembangan dan pengelolaan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bersaing secara kompetitif. Dalam buku ini di samping memuat tentang konsep pendidikan dan masalah-masalahnya secara teoretik, disertai pula Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, contoh silabus, dan contoh pengembangan rencna pelaksanaan program pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain