Text
Komunikasi pemasaran
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Melalui >komunikasi dalam dunia usaha, perusahaan berusaha memahami pelanggan untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan. Komunikasi inilah yang kita kenal sebagai komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran erat terkait dengan pesan atau informasi yang ingin disampaikan perusahaan kepada pelanggannya melalui aktivitas promosi yang perusahaan lakukan lewat berbagai saluran komunikasi, yang kombinasinya kita kenal sebagai bauran promosi (promotion mix).
Buku Komunikasi Pemasaran ini ditujukan bagi mahasiswa S1 Manajemen dengan Konsentrasi Manajemen Pemasaran, juga untuk Diploma-3 Manajemen Pemasaran yang mengambil mata kuliah Komunikasi Pemasaran. Buku ini juga cocok untuk mahasiswa FISIP jurusan Komunikasi. Buku ini diawali dengan pengenalan akan konsep dasar komunikasi dan pemasaran, dilanjutkan dengan pengenalan konsep komunikasi pemasaran terintegrasi (integrated marketing communication-\MC) yang menekankan betapa pentingnya konsistensi pesan atau informasi yang hendak disampaikan perusahaan lewat seluruh saluran komunikasi/ bauran promosinya. Bab-bab selanjutnya memuat pembahasan lima sarana bauran promosi perusahaan yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Materi mengenai acara dan pengalaman (events and experiences) juga disertakan sebagai bagian dari promosi penjualan. Terakhir, sebagai media baru yang membuka banyak peluang dan ancaman bagi komunikasi pemasaran perusahaan, Internet pun dimasukkan sebagai topik bahasan yang menutup buku ini.
Tidak tersedia versi lain