Text
Mikroekonomi
Bagi mahasiswa yang penasaran bagaimana dunia bekerja, ilmu mikroekonomi mungkin menjadi bidang ilmu yang paling relevan, menarik, dan penting. (Makroekonomi adalah bidang ilmu terpenting a.) Pemahaman mikroekonomi yang baik sangat penting untuk proses r^r - ^ambilan keputusan manajerial, untuk merancang dan memahami kebijakan publik, dan secara umum, untuk mengapresiasi bagaimana perekonomian lodern berfungsi. Pada kenyataannya, bahkan menonton berita harian pun sering memerlukan pengetahuan tentang mikroekonomi.
Kami menulis buku ini, Mikroekonomi, karena kami meyakini bahwa mahasiswa perlu diberikan topik-topik baru yang memainkan peranan penting dalam ilmu mikroekonomi selama bertahun-tahun—topik-topik seperti teori permainan dan strategi kompetitif, peran ketidakpastian dan informasi, dan analisis harga oleh perusahaan yang memiliki kekuatan pasar. Kami juga merasa bahwa mahasiswa perlu diperlihatkan bagaimana ilmu ^ekonomi dapat membantu kita dalam memahami apa yang sedang ii di dunia dan bagaimana ilmu tersebut dapat dijadikan perangkat praktis untuk pengambilan keputusan. Ilmu mikroekonomi merupakan bidang ilmu yang menarik dan dinamis, tetapi mahasiswa perlu diberikan gambaran atas relevansi dan kegunaannya. Mahasiswa tentu ingin dan perlu memahami dengan baik bagaimana ilmu mikroekonomi dapat diaplikasikan di luar kelas.
Dalam merespons kebutuhan ini, edisi kedelapan Mikroekonomi menyediakan teori mikroekonomi yang menekankan pada relevansi dan kegunaannya dalam pengambilan keputusan manajerial dan publik. Penekanan tersebut diwujudkan melalui contoh-contoh yang meliputi topik-topik terkait seperti analisis permintaan, biaya, dan efisiensi pasar; rancangan strategi harga; keputusan investasi dan produksi; dan analisis kebijakan publik. Mengingat pentingnya contoh-contoh ini, kami memasukkan contoh-contoh tersebut selama pemaparan materi.
Cakupan Mikroekonomi dalam edisi ini memasukkan beragam perubahan besar yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Teori permainan dan interaksi strategis perusahaan (Bab 12 dan 13), peran dan implikasi dari ketidakpastian dan informasi asimetris (Bab 5 dan 17), strategi harga oleh perusahaan dengan kekuatan pasar (Bab 10 dan 11), dan rancangan kebijakan untuk secara efektif menangani eksternalitas seperti polusi (Bab 18), makin banyak diminati.
Tidak tersedia versi lain