Text
Seputar pembelajaran sejarah : isu, gagasan dan strategi pembelajaran
Buku ini adalah sebuah karya kecil yang coba penulis persembahkan untuk dunia pendidikan sejarah. Ide buku ini berawal dari keprihatinan penulis terhadap kondisi pembelajaran sejarah yang cenderung kurang menyenangkan dan dianggap tidak penting. Selama penulis menjadi guru, banyak sekali fakta yang penulis temukan bahwa mata pelajaran sejarah menjadi mata pelajaran yang dianggap kurang penting. Bahkan muncul ejekan yang berbunyi ``untuk apa mengungkit masa lalu``. Lebih parah lagi, mereka yang mengerti sejarah dan menekuni disiplin sejarah sebagian hanya beranggapan bahwa mempelajari sejarah hanya untuk kesenangan. Kondisi ini semakin menguatkan bahwa ada sesuatu yang haras diperbaiki dalam pembelajaran sejarah.
Mengajarkan sejarah berarti mengajarkan tentang nilai kehidupan. Keunikan ini menyebabkan diperlukaannya strategi khusus dalam pembelajaran sejarah. Bukan sekedar menguasai materi, pengajar sejarah juga dituntut untuk menguasai strategi mengajar sejarah. Sebagai proses interaksi dan rekonstruksi pe
Tidak tersedia versi lain