Text
Gus Dur : pembaharu pendidikan humanis Islam Indonesia abad 21
Menurut pemikiran Abdurrahman Wahid pendidikan I: di Indonesia dituangkan pada pondok pesantren yang mana sebagai salah satu institusi tua yang berkembang pertama kali di Indonesia, Abdurrahman Wahid berupaya membumikan tradisi pesantren serta mempopulerkan pesantren sebagai lembaga pendidikan
yang multi-potensi, yakni keagamaan dan umum. Pemikiran ini populer dengan istilah dinamisasi dan modernisasi pesantren. Pesantren tidak lagi dianggap sebagai lembaga pendidikan yang ketinggalan zaman, namun mampu menjadi ikon pendidikan yang kreatif, mandiri, dan profesional dengan keunggulan karakternya.
Dari sintesis tersebut menghasilkan pemikiran-pemikiran kontemporer tentang pendidikan Islam di Indonesia, yaitu: demokratisasi pendidikan, pendidikan pluralisme dan pendidikan humanistik. Dalam pendidikan perspektif KH Abdurrahman Wahid, tiap kelompok masyarakat mempunyai kedudukan yang sama dalam hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam membangun Indonesia. Dengan rasa solidaritas, keterbukaan, tol
Tidak tersedia versi lain