Text
Sekolah efektif : konsep dasar dan praktiknya
Tujuan pendidikan yang hendak dicapai secara nasional maupun oleh lembaga pendidikan sekolah masih jauh dari harapan. Hal ini terjadi karena praktik-praktik tidak efektif dalam pengelolaan sekolah. Pengelolaan sekolah yang tidak efektif dikarenakan berbagai macam hal, salah satunya adalah kurang dipahaminya konsep, model, faktor penentu dari sekolah efektif serta hasil-hasil kajian lapangan, kajian literatur maupun kajian meta analisis tentang sekolah efektif.
Efektivitas sekolah menunjukkan adanya proses perekayasaan dan pemberdayaan semua komponen sekolah dengan tujuan agar siswa belajar dan mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Sekolah akan efektif apabila kepala sekolah dapat menetapkan visi, misi, dan tujuan sekolah, memanaj kurikilum dan pembelajaran, melakukan supervisi, memantau kemajuan peserta didik, menciptakan iklim pembelajaran kondusif, mengembangkan profesionalisme guru, dan kerja sama dengan pihak luar. Sekolah akan efektif apabila guru memiliki sifat dan sikap terpuji, profesional, me
Tidak tersedia versi lain