Text
Metode penelitian pendidikan sejarah
Sejalan dengan tuntutan profesionalisme guru, terutama guru sejarah
atau IPS, penelitian pendidikan sejarah merupakan salah satu aktivitas
yang penting. Guru seharusnya tidak hanya dituntut untuk mengajar
saja, tetapi kegiatan riset juga mendesak menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dengan kehidupan mereka di tengah-tengah siswanya.
Kegiatan itu akan menunjang profesi guru dengan berbagai kegiatan
ilmiah, misalnya, sebagai pembicara di suatu acara seminar, penulis
artikel di jurnal ilmiah, dan peneliti persoalan-persoalan pendidikan
secara umum dan masalah-masalah pembelajaran di kelas. Salah satu
faktor yang menyebabkan guru tidak lulus sertifikasi adalah kosongnya
kegiatan ilmiah dalam bentuk penelitian dan penulisan karya ilmiah.
Selama ini, guru hanya memfokuskan diri dengan kegiatan
pernbelajaran di kelas dan sibuk menangani administrasi sekolah,
khususnya di sekolah dasar. Guru hanya membaca buku ajar, yang tentu
bukan ditulisnya sendiri. Guru menjadi konsumen buku ajar karya
seperti hal
Tidak tersedia versi lain