Text
Evalusai program pembelajaran : panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik
Evaluasi pada dasarnya sebagai dasar keputusan, menyusun kebijakan, maupun program selanjutnya untuk keputusan Apakah akan dilanjutkan, diperbaiki, atau dihentikan? Wujud dari hasil evaluasi terutama adalah rekomendasi dari evaluator untuk mangambil keputusan (decision maker).
Kegiatan evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu upaya apapun yang terprogram, tak terkecuali bagi program pembelajaran sebagai bagian dari program pendidikan, direncanakan untuk memperbaiki bidang pendidikan, sedangkan evaluasi mikro sering digunakan ditingkat kelas, sasarannya adalah program pembelajaran di kelas dan penanggung jawabnya adalah guru untuk sekolah atau perguruan tinggi.
Melaksanakan evaluasi program pembelajaran memang merupakan tugas pokok seorang evaluator dalam manajemen sekolah. Akan tetapi, bukan berarti evaluator saja yang hams memahami model-model evaluasi program pembelajaran. Calon pendidik, para pendidik, dan praktisi lain, menawarkan bagian altematif model evaluasi program bagi kepala
Tidak tersedia versi lain