Text
Profesi kependidikan : problem, solusi dan reformasi pendidikan di Indonesia
Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa guru memiliki peranan penting dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Dalam konteks yang lebih khusus berarti guru harus memiliki kompetensi yang hebat, wawasan yang luas, menguasai ilmu yang akan diajarkan sekaligus memiliki keterampilan untuk mengajar. Hal tersebut dapat dicapai jika guru terus-menerus meningkatkan kualitas dirinya.
Namun, melihat kondisi seperti sekarang ini, di mana guru masih dipandang sebelah mata, dengan tingkat kesejahteraan jauh di bawah cukup, akan mampukah guru mencapai tingkat profesional?
Selanjutnya, layakkah jabatan guru disebut sebagai sebuah profesi? Benarkah pemerintah belum memberikan perhatian penuh pada profesi guru? Sesungguhnya seberapa besarkah peran guru dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas?
Bagaimana cam merekonstntksi masyarakat dan kebudayaan melahii pengubalmn sistem pengelolaan pendidikan di sekolah?
Benarkah pendidikan di Indonesia terjebak pada praktik bisnis, terutama dilakukan oleh p
Tidak tersedia versi lain