Text
Pembelajaran terpadu : teori, praktik dan penilaian
Dalam perancangandan pelaksanaan pembelajaran banyakdipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya adalah konsep kurikulum yang digunakan dan kebijakan tentang proses pendidikan. Berkaitan dengan konsep kurikulum, pembelajaran adalah operasionalisasi lebihlanjut dari kurikulum yang digunakan. Dimana kurikulum itu sendiri merupakansalahsatu komponen dalam sistem pendidikan, yang memiliki sejumlah altematif model konsep yang bisa digunakan. Penggunaan suatu model konsep kurikulum yang digunakan, tergantung pada kebijakan pendidikan itu sendiri khususnya kebijakan yang berkaitan dengan kebijakan kurikulum.
Kebijakan proses pendidikan, memberikan acuan, tentang pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang sebaiknya digunakan. Acuan ini dinyatakan dalam bentuk kebijakan setelah rnemperhatikan orientasi pendidikan yang ingin dituju secara umum dan karena adanya sejumlah altematif pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang bisa dipilih. Dalam kurikulum itu sendiri, sebenarnya sudah tercantum saran-saran pen
Tidak tersedia versi lain