Text
Mutu pendidikan
Kebijakan pendidikan telah bergeser dari input-oriented ke outcome-based yang melihat bahwa mutu pendidikan harus dimulai dengan expected outcome yang jelas dari suatu lembaga pendidikan. Perbaikan dan peningkatan mutu masukan dan proses pendidikan harus merupakan upaya penjabaran untuk mencapai expected outcome tadi. Oleh karena itu, standardisasi expected outcome dalam bentuk kompetensi menjadi titik awal untuk standardisasi masukan dan proses pendidikan. Selain itu, pada era kesejagatan, telah terjadi adanya mutual recognition antarnegara tentang kualifikasi lulusan ini sehingga meniscayakan adanya proses nasionalisasi dan transnasionalisasi kompetensi lulusan lembaga pendidikan. Kompetensi lulusan ini bergeser dari local specific ke global universal sebagai survival kit untuk dapat bertahan di era mendatang.
Pola pikir ini telah sejak lama menjadi bagian dari diskusi-diskusi pakar pendidikan di OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) dan IEA (International Association for the Evaluat
Tidak tersedia versi lain