Text
Pengembangan pendidikan : dunia pendidikan dan beberapa masalahnya
Bukan saja tidak banyak orang yyang mampu berinovasi, tetapi juga tidak sedikit orang yang sukar menerima perkembangan baru, walau itu untuk kemajuannya sendiri. Demikian juga dalam bidang dan organisasi lembaga pendidikan di Indonesia.
Ternyata banyak dari segi adat-istiadat dan filsafat hidup atau orientasi bangsa kita yang disamping memiliki nilai positif yang patut dibanggakan juga memiliki cacat, terutama dalam penafsirannya yang mau tak mau mempengaruhi pelaksanaannya. Gotong-royong, misalnya jika salah ditafsirkan bisa mengakibatkan tidak adanya rasa tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan. Filsafat `bapakisme` bisa menghambat kreativitas individu, juga mencegah penerimaan inovasi yang datangnya bukan dari `bapak`.
Untuk memudahkan pemahaman isi buku ini, bagi para pembaca disajikan bab khusus yang berisi kesimpulan pada setiap akhir bagian.
Tidak tersedia versi lain