Text
Psikologi belajar
Belajar adalah istilah kunci (key term) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tak pernah ada pendidikan. Sebagai suatu porses, belajar hampir selalu mendapat tempat yang luas dalam berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan upaya pendidikan. Olek karena demikian pentingnya arti belajar, maka upaya riset, eksperimen dan kajian-kajian yang bersifat psikologis pun banyak diorientasikan pada tercapainya pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai proses perubahan manusia melalui belajar itu.
Hasil riset dan kajian psikologi mengenai peristiwa belajar di atas kemudian dihimpun sedemikian rupa sehingga menjadi kumpilan teori disiplin (cabang ilmu) psikologi tersendiri yang lazim disebut Psikologi Belajar (Learning Psychology). Dalam buku ini dikemukakan aneka ragam teori disertai komentar dan kritik serta contoh-contoh aplikasi teori-teori tersebut secara kontekstual . Dengan demikian, para pemakai buku ini diharapkan dapat memahami secara kritis dan menggunak
Tidak tersedia versi lain