Text
Industri Pertelevisian Indonesia: Sebuah Kajian
Industri pertelevisian Indonesia yang mulai berkembang sejak era 80-an, ditandai dengan berdirinya RCTI, kini telah mencapai taraf yang cukup marak. Jika dulu para pemirsa hanya memiliki satu-satunya pilihan saluran TV yaitu TVRI, sekarang sudah banyak pilihan saluran, mulai dari yang sifatnya lokal maupun nasional.
Di satu sisi kita dapat mengatakan bahwa itu merupakan kemajuan, di sisi lain, kemajuan itu ternyata membawa berbagai dampak yang negatif juga, seperti membanjirnya tayangan-tayangan yang kurang bermutu, merebaknya fenomena Jakartasentrisme, dan mengancamnya potensi konflik dan disintegrasi bangsa.
Hal itu disebabkan karena penataan industri pertelevisian di Indonesia, yang dalam hal ini berada di bawah pemerintah dan KPI, masih jauh dari sempurna. Buku ini menawarkan ide-ide segar dan alternatif solusi untuk berbagai isu peretelvisian tersebut. Buku ini juga dilengkapi dengan Undang-undang Penyiaran.
Tidak tersedia versi lain