Text
Pengantar Evaluasi Pendidikan
Evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan formal, dalam hal ini sekolah. Khususnya evaluasi mengenai hasil mengajar. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam proses belajar.
Ada dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi hasil belajar, yaitu tes dan nontes. Selanjutnya, buku ini akan menguraikan lebih detail tentang teknik tes yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar. Hal-hal yang berkaitan dengan tes hasil belajar akan dijelaskan lebih rinci, di antaranya mengenai penyusunan dan pelaksanaan tes; pengujian validitas tes dan validitas item tes; pengujian reliabilitas tes; pemeriksaan, pemberian skor, dan pengolahan hasil tes; penganalisisan tes; serta penentuan nilai akhir, penyusunan ranking, dan pembuatan profil prestasi belajar.
Buku yang disusun berdasarkan pengalaman dan penelitian di lapangan ini dapat digunakan sebagai buku mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada Fakultas Tarbiyah di Universitas Islam Negeri dan Jurusan Pendidikan Agama Islam di Perg
Tidak tersedia versi lain