Text
Pendekatan sistematis dalam proses desain pembelajaran : analysis, instruktional goal setting, production, evaluation, and dissemination (model AIPED)
Ditinjau dari konstruk keilmuan pendidikan dan keguruan, matakuliah desain pembelajaran adalah satu matakuliah wajib tingkat fakultas pada jenjang pendidikan strata 1 (S-1), walaupun dengan penamaan yang berbeda, seperti perencanaan pembelajaran, pengembangan pembelajaran. Namun sayangnya, pengembangan buku-buku teks standar yang berbahasa Indonesia untuk matakuliah ini masih sangat sulit ditemukan di Indonesia saat ini. Kalaupun ada, kebanyakan buku tersebut merupakan produk dari tesis atau disertasi yang menjadi bagian dari kajian teoretis untuk kebutuhan landasan penelitian. Selebihnya adalah buku-buku standar yang berbahasa Inggris, sehingga menyulitkan bagi sebagian besar tenaga pendidik dan peserta didik untuk menggunakannya. Padahal, idealnya buku teks itu merupakan kumpulan konten yang komprehensif, sesuai dengan kawasan bidang keilmuan tertentu yang sering dikaitkan dengan kurikulum.
Karena itu, buku ini dihadirkan untuk menjadi solusi terhadap ketiadaan buku yang khusus membahas desain pembelajaran. Buku ini juga hadir untuk menjawab perubahan yang begitu cepat sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains di seluruh penjuru dunia saat ini. Nilai kebaruan dalam buku ini tersaji dalam satu pernyataan umum the up-to-date research based model book yang dapat digambarkan dalam tiga aspek penting, yaitu buku model AIPED, berbasis riset, dan mutakhir. Istilah model AIPED merupakan akronim dari Analysis, Instructional Setting, Production Process, Evaluation, dan Dissemination yang menjadi kekhasan tahapan desain ini untuk membedakannya dengan tahapan lain.
Secara umum, buku ini sangat genting dihadirkan dalam rangka memenuhi kebutuhan para ilmuwan di bidang teknologi pembelajaran, khususnya bidang kajian desain dan pengembangan, para akademisi, praktisi pendidikan, dan peserta didik pada umumnya
Tidak tersedia versi lain