eBooks
Proses translasi representasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berorientasi pada hots
Hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pentingnya translasi
representasi dalam menyelesaikan masalah matematika., namun dalam penelitian-
penelitian tersebut belum menginformaikan bagaimana translasi representasi dalam
menyelesaikan masalah matematika berorientasi pada HOTS.Proses translasi dilihat
berdasarkan aktivitas translasi unpacking the source, preliminary coordination,
constructing the target, dan determining equivalence. Maka tujuan dalam penelitian ini
adalah mendeskripsikan proses translasi representasi dalam menyelesaikan masalah
matematika berorientasi pada HOTS.
Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kota Metro. Jenis
penelitian adalah kualitiatif dengan menggunakan metode think aload dalam proses
pengumpulan data. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu diperoleh teori proses
translasi representasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi pada
HOTS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika berorientasi pada HOTS dilakukan melalui dua proses translasi yaitu
translasi representasi verbal ke grafik (gambar) kemudian ke simbolik. Proses translasi
representasi tersebut dilakukan melalui tahap unpacking the source, preliminary
coordination, constructing the target, dan determining equivalence. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat digunakan guru sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun desain
pembelajaran yang tepat khususnya pada soal pembelajaran yang mendorong siswa
melakukan HOTS. Sehingga guru dapat mengoptimalkan berpikir siswa dan
meminimalkan kesulitan siswa dalam proses translasi representasi. Penelitian
selanjutnya dapat memeriksa lebih mendalam karakteristik tiap tahapan translasi
representasi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain