perpustakaan@ummetro.ac.id
Pilih Bahasa :
Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Informasi Warta Perpustakaan
  • Layanan
    Referensi Bebas Pustaka Literasi Informasi Usul Koleksi
  • e-Resources
    e-Journal eBooks Jurnal Prodi
  • FAQ
  • Tools
    Reference Manager
  • Area Anggota

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Filsafat pendidikan
Penanda Bagikan

Text

Filsafat pendidikan

Muhammad Anwar, 1977- - Nama Orang;

Lazimnya dalam memahami filsafat pendidikan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan tradisional dan yang bersifat kritis. Pendekatan tradisional digunakan untuk memecahkan problema hidup dan kehidupan menusia sepanjang perkembangannya. Dan, pendekatan yang bersifat kritis digunakan untuk memecahkan problematika pendidikan masa kini.

Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai norma tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan/atau kearifan orangtua dan keluarga. Pelaksanan pendidikan tersebut juga merangkum antara teori pengetahuan dan filsafat yang terkandung di dalam pelajaran yang diberikan oleh para pendidik.

Kajian utama filsafat pendidikan ini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik materi pokok filsafat, antara lain: (1) Pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia; (2) Pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta peranannya; (3) Masalah pokok filsafat dan pendidikan; (4) Proses hidup sebagai dasar filsafat pendidikan; (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan; (6) Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk biologis; (7) Demokrasi pendidikan; serta (8) Aliran dalam filsafat pendidikan.

Buku ajar utama berjudul Filsafat Pendidikan ini dapat memberikan manfaat bagi para dosen dan mahasiswa Fakultas/Jurusan Tarbiyah UIN/IAIN/ STAIN dan PTAIS, terutama yang sedang menekuni mata kuliah Filsafat Pendidikan, Pengantar Pendidikan, dan Ilmu Pendidikan Islam.


Ketersediaan
#
Perpustakaan UM Metro (Rak 4) 370.15 Muh F c.1
31785
Tersedia
#
Perpustakaan UM Metro (Rak 4) 370.15 Muh F c.2
31786
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 Muh F
Penerbit
Jakarta : Prenada Media., 2018
Deskripsi Fisik
xi, 176 hlm. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-1186-52-7
Klasifikasi
370.15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1 , cet. 3
Subjek
Filsafat Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Anwar
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

NPP 1872042D2000003

Jalan KH. Dewantara No.116 Iring Mulyo Kota Metro, Lampung 16416

Link Terkait
  • UMM Metro
  • Repository Dosen
  • Koleksi eBook Digital
  • Garuda Kemdikbud
Jam Operasional Layanan

Offline

Senin-Kamis 07.30 - 15.30 WIB
Jumat 07.30 - 11.30 WIB

Sabtu, Minggu, Cuti Bersama, dan Libur Nasional Tutup

Kontak


© 2025 — Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?