Text
Perilaku konsumen : teori dan praktik
Perilaku konsumen merupakan studi tentang proses pengambilan keputusan pada individu, kelompok, atau organisasi untuk menggunakan atau tidak menggunakan suatu produk (barang , jasa, .dan.ide). Proses pengambilan keputusan menjelaskan interaksi dinamis antara unsur-unsur(elemen) kognitif, efektif, dan konatif atau psikomotorik, yaitu dengan pendekatan satu arah (linear) ataupun penetapan timbal-balik (reciprocal deterministic).
Pemahaman perilaku konsumen bagi manajer pemasaran berfungsi sebagai dasar kegiatan penyusunan dan evaluasi strategi pemasaran (bauran pemasaran, segmentasi pasar, dan differentiation and positioning product). Tujuannya adalah mencapai target volume dan nilai pemasaran yang telah dicanangkan. Bagi manajer produksi, analisis berperan sebagai dasar penetapan kualitas dan kuantitas yang berorientasi tren terkini yang disukai oleh konsumen. Bagi birokrat, analisis perilaku konsumen memainkan peran kritis dalam pengembangan (penetapan dan evaluasi) kebijakan publik yang menjamin rasa aman dan nyaman bagi konsumen.
Penyajian buku ini diawali dengan pentingnya memahami individu, kelompok, kepribadian, manusia sebagai konsumen sejati, dan perilaku konsumen. Kemudian, berturut-berturut, dilanjutkan dengan kajian perilaku konsumen, model kerangka kerja perilaku konsumen, motivasi kebutuhan konsumen, aspek internal dalam perilaku konsumen mengkaji kognisi konsumen dijabarkan dengan pembelajaran konsumen, pengetahuan konsumen, apeksi konsumen dijabarkan melalui sikap, gaya hidup, pribadi/individu, dan kepribadian. Aspek ekstemal konsumen dijabarkan melalui kajian lingkungan sosial makro, mikro, dan lingkungan fisik konsumen. Perilaku konsumen dijabarkan melalui tindakan konsumen, kepuasan, dan loyalitas konsumen.
Tidak tersedia versi lain