PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Epistemologi pendidikan
Penanda Bagikan

Text

Epistemologi pendidikan

Muliawan, Jasa Ungguh - Nama Orang;

Filsafat menurut strukturnya terbagi dalam tiga bagian, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Ontologi dikenal sebagai ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang disebut “ada” dan “umum” diketahui. Epistemologi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara kerja, struktur, atau mekanisme sesuatu yang ada dan umum tersebut, sedangkan aksiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengaruh, akibat, dan atau bentuk akhir dari terciptanya epistemologi.

Dalam telaah ilmu, ketiga bagian dalam filsafat tersebut tersusun secara sistematik dan berurutan. Disinilah letak salah satu perbedaan antara ontologi dan epistemologi. Yang “ada” dan “umum” dalam ontologi dapat tercipta tanpa ada persyaratan atau ketentuan khusus sebagai awalan. Oleh sebab itu wilayah dan objek ontologi menjadi tidak terbatas. Sedangkan epistrmologi berbeda. Epistemologi menuntut adanya suatu bentuk, sistem, dan objek yang jelas dari awal sampai akhir. Telaah epistemologi cenderung bersifat stabil dengan dasar konstruksi pemikiran yang kuat.

Pendidikan sebagai salah satu objek telaah filsafat untuk sementara dipandang memiliki struktur ontologi yang kuat. Tetapi persoalan utama dalam dunia pendidikan saat ini bukan pada keberadaan struktur ontologinya, melainkan pada konstruksi epistemologi yang ada. Konstruksi epistemologi pendidikan yang “ada” dan “umum” diketahui tersebut belum memiliki bentuk, sistem, dan metode yang jelas, akibatnya hampir sebagian besar telaah pendidikan menjadi bersifat tidak stabil dan bahkan terkesan tumpang tindih.

Buku ini mungkin yang pertama membahas epistemologi secara konstruktif dengan sistem dan pola pikir sederhana sehingga mudah dipahami. Telaah pendidikan dikaji secara mendalam, dipetakan dan disusun secara teratur, dipilah-pilah menurut jenis entitas dan sifat kerja masing-masing objek, serta dijelaskan dari kecenderungan subjektif dan aliran pemikiran tertentu.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 370 Mul e c.1
30920
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.2
30921
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.3
30922
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.4
30923
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.5
30924
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.6
30925
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.7
30926
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.8
30927
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.9
30989
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Mul e c.10
30990
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 Mul e
Penerbit
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press., 2008
Deskripsi Fisik
xii, 208 hal. : 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794206717
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Pendidikan
Epistemologi Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?