Text
Psikologi bermain anak usia dini
Anak Usia Dini khususnya pada usia 0-6 tahun disebut sebagai masa golden age, masa yang sangat penting dalam perkembangan otak anak, usia kritis dan sangat sensitif dalam menerima stimulasi (rangsangan) dari lingkungan yang akan memengaruhi taraf kecerdasannya, penanaman nilai-nilai moral, pembiasaan dan nerilaku yang baik. Sehingga lingkungan perlu memberikan rangsangan yang kaya, baik rangsangan visual (bentuk, warna), verbal/auditori (suara, intonasi, nada), maupun taktil (perabaan kasar, lembut), dan kinestetis (gerakan) serta nilai-nilai dan pembiasaan yang sesuai dengan norma dan agama. Maka dengan semakin banyaknya pengalaman yang diterima otak anak, maka akan semakin banyak sel-sel otak (neuron) yang akan mengirimkan cabang-cabang dari akson dan dendrit untuk saling terhubung dengan sel-sel otak sebanyak mungkin dan semakin meningkatkan kualitas intelegensi anak. Sehingga window of oppurtunities; suatu jendela kesempatan yang sangat terbuka pada anak di rentang usia kritis ini akan terjadi. Buku ini akan membahas konsep-konsep dasartentang pendidikan anak usia dini (Paud) dalam perspektif psikologi.
Ulasan buku ini juga membahas bagaimana cara anak usia dini belajar melalui bermain dengan cara menyenangkan, tidak membebani anak. Kemudiandilanjutkandengan pembahasanfungsidanberbagaijenis permainan, model-model pembelajaran yang dikaitkan dengan teori kecerdasan jamak (Multiple Intellegent). Di akhir bahasan akan dijelaskan berbagai bentuk permainan bagi anak usia dini, baik permainan mikro/makro, permainan keaksaraan, seni, gerak dan tari, maupun cara memberikan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain