Text
Hakekat pendidikan sejarah
Buku ini membahas identitas keilmuan pendidikan sejarah, yaitu sebagai cabang ilmu pengetahuan yang bertugas mengembangkan potensi manusia melalui penanaman kesadaran sejarah dan pengembangan kemampuan berpikir historis. Kesadaran sejarah adalah kemampuan reflektif dan proyektif terhadap pengalaman dan pemahaman masa lampau untuk dijadikan landasan dalam menjalani masa kini, serta panduan menuju masa depan. Kesadaran sejarah, baik tradisional, peneladan, kritis maupun genetik akan bermuara pada terbentuknya identitas diri, sosio-kultural dan nasional yang kokoh, sehingga dapat menentukan kemana langkah hidup harus diarahkan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Di sisi lain, berpikir historis adalah kemampuan untuk memahami dan menganalisis secara kritis berbagai fenomena historis dan interpretasi para sejarawan terhadapnya. Dengan demikian dapat dibedakan dan dipilah antara fakta dengan hasil interpretasi serta kepentingan di sebaliknya. Dewasa ini pengembangan berpikir historis di Indonesia diarahkan terutama baru pada kemampuan peserta didik dalam berpikir kronologis, diakronik, dan sinkronik; memahami perubahan dan keberlanjutan; serta menemukan signifikansi dan relevansi fenomena historis bagi kehidupan masa kini.
Tidak tersedia versi lain