PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Ergonomi pendidikan
Penanda Bagikan

Text

Ergonomi pendidikan

Sutajaya, I Made - Nama Orang;

Ergonomi adalah ilmu, teknologi dan seni untuk menyerasikan alat, cara kerja dan lingkungan pada kemampuan, kebolehan dan batasan manusia sehingga diperoleh kondisi kerja dan iingkungan yang sehat, aman, nyaman dan efisien sehingga tercapai produktivitas yang setinggi-tingginya. Ergonomi sangat diperlukan di dalam suatu kegiatan yang melibatkan manusia di dalamnya dengan memperhitungkan kemampuan kebolehan, batasan, dan tuntutan tugas. Sering dilupakan bahwa siswa atau pebelajar merupakan insan yang mempunyai kemampuan, kebolehan, dan keterbatasan tertentu yang seharusnya digunakan sebagai parameter fisiologis terkait dengan kemampuan kardiovaskular, kemampuan otot, kebutuhan energi (nutrisi), dan faktor psikofisiologis lainnya seperti bosan, malas, emosi, sulit konsentrasi dan Iain-Iain. Berdasarkan pendapattersebut perlu diterapkan prinsip-prinsip ergonomi dalam proses pembelajaran untuk meminimalkan kelelahan, keluhan muskuloskeletal, dan kebosanan sehingga ketelitian, kecepatan, dan konstansi kerja serta kualitas proses pembelajaran dapat ditingkatkan.Pada proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik dan mental, secara terpadu dapat menimbulkan kelelahan, keluhan otot, dan kebosanan. Dilihatdari luaran proses pembelajaran ternyata dampak tersebut dapat memengaruhi ketelitian, kecepatan, dan konstansi kerja pebelajar yang pada akhirnya kualitas proses pembelajaran bisa terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan prinsip ergonomi yang dikenal dengan istilah ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat dan Efisien) dan dipadukan dengan prinsip pembelajaran yang dikenal dengan istilah PAKEMI (Partisipatori, Atraktif, Kreatif, Empati, Menyenangkan, dan Inspiratif) dan I2M3 (Inspiratif, Inovatif, Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi).Melalui Buku Ergonomi Pendidikan pembaca diajak untuk ikut mengkaji prinsip-prinsip ergonomi yang dapat diaplikasikan di dalam proses pembelajaran. Pada bagian akhir buku ini ditulis mengenai beberapa temuan yang berkaitan dengan penelitian ergonomi di bidang pendidikan.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 371.3 Sut e c.1
30309
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Perpustakaan UM Metro (Rak 4) 371.3 Sut e c.2
30310
Tersedia
#
Perpustakaan UM Metro (Rak 4) 371.3 Sut e c.3
30311
Tersedia
#
Perpustakaan UM Metro (Rak 4) 371.3 Sut e c.4
30312
Tersedia
#
Perpustakaan UM Metro (Rak 4) 371.3 Sut e c.5
30313
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 Sut e
Penerbit
Yogyakarta : Media Akademi., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 228hal. : il. ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786025584398
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. I, cet. 1
Subjek
Metode Belajar Mengajar
Ergonomi Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?