Text
Pertolongan pertama pada siswa berkebutuhan khusus : buku pedoman untuk guru dan orang tua di sekolah inklusi
Dunia pendidikan serta pelayanan kesehatan anak dan remaja kelak akan mengalami perubahan besar dalam bidang organisasi dan pembiayaannya, karena diperlukan adanya Undang-Undang Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan pelayanan kesehatan anak dan remaja. Pelaksanaan ini akan membawa konsekuensi adanya prosedur baru, komisi baru, ketidakpahaman, ketidakjelasan, masalah kerja sama, bagaimana menyesuaikannya serta penyakit pada anak-anak.
Buku ini menyajikan berbagai masalah dan gangguan yang sering terjadi pada usia anak dan remaja: rasa takut atau kecemasan, depresivitas, merusak diri sendiri, tindakan bunuh diri, gangguan kelekatan dengan orangtua, makanan dan gangguan makanan, skizofrenia dan psikosis, gangguan kepribadian {personality disorder), ADHD, dan autism spectrum disorder.
Melalui petunjuk tentang deteksi dan bagaimana menanganinya, diharapkan perilaku anak merupakan hasil dari teladan para guru (pendidik). Berbagai keluhan rasa takut/kecemasan serta depresi pada kebanyakan kasus berpadu dengan beragam gangguan (kondisi disorder). Hal penting yang perlu diketahui bahwa pendiagnosisan anak-anak dan remaja merupakan area kerja psikiater anak dan remaja, dokter anak yang memiliki spesialisasi dan teregistrasi sebagai ahli perilaku.
"Buku ini bukan saja merupakan pedoman bagi orangtua dan guru (pendidik), tetapi juga
menjadi alat bantu untuk membuka mata kita semua; menyajikan berbagai ide, saran, dan
petunjuk praktis tentang bagaimana sebagai orangtua ataupun guru dalam kerjanya agar
sukses menghadapi anak-anak (siswa didik) berkebutuhan khusus."
Drs. Peter Mol, Direktur Gedragpunt
Tidak tersedia versi lain