Text
Modul hypercontent teknology kinerja (performance technology)
Modul Hypercontent Teknologi Kinerja (Performance Technology) ini menampil-kan tiga pembabakan materi kuliah teknologi kinerja, yaitu bagian prinsip dasar (terdiri atas 3 unit), bagian intervensi pembelajaran (terdiri atas 2 unit), dan bagian intervensi keorganisasian (2 unit). Bagian prinsip dasar menekankan konteks TK dengan merujuk kepada definisi TP 2004 dari AECT. Hal ini penting agar pola berpikir mahasiswa tetap berada dalam jaluryangtepat, sehingga ia memperoleh gambaran profesi yang dapat ia geluti setelah ia lulus. Adapun bagian intervensi pembelajaran berkenaan dengan pentingnya upaya organisasi untuk melakukan analisis kinerja agar organisasi dapat menentukan solusi atau intervensi sesuai dengan kebutuhan peningkatan kinerja. Bagian intervensi pembelajaran ini membahas pula bagaimana sebaiknya menyelenggarakan atau menentukan pendekatan untuk pelatihan agar pelatihan tersebut memang benar-benar solusi yang tepat bagi kesenjangan kinerja. Mendudukkan pelatihan sebagai program peningkatan kinerja haruslah dengan alasan tepat, karena pelatihan hanya salah satu pilihan dari berbagai inter¬vensi yang mungkin dilakukan.
Bagian intervensi keorganisasian mengkaji bagaimana intervensi untuk menggiatkan proses belajar sebagai gerakan mencerdaskan semua pihak dalam organisasi. Organisasi belajar adalah upaya yang tepat untuk membudayakan belajar di kalangan karyawan, staf, dan seluruh SDM. Setiap individu karyawan yang dianggap berpotensi dan cerdas patut dijaga keberadaannya sekaligus pengetahuannya yang melekat dalam diri karyawan dengan cara mengelola, melestarikan, dan pengetahuan tersembunyi {tacit knowledge). Orang berpengetahuan dan cerdas dalam organisasi adalah aset utama bagi organisasi.
Melalui modul hypercontent ini, pembaca dapat mem¬peroleh wawasan berpikir bagaimana proses belajar, membelajarkan, dan menyelenggarakan beragam kegiatan belajar di suatu organisasi. Bagi maha¬siswa prodi teknologi pendidikan, modul ini mengajak Anda untuk menelaah profesi ahli TP di suatu organisasi secara lebih mendalam.
Tidak tersedia versi lain