Pendidikan nasional bertujuan mempersiapkan masyarakat baru yang ideal, masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban serta berperan aktif dalam proses pembangunan. Esensi tujuan pendidikan nasional adalah proses menumbuhkan bentuk budaya keilmuan, sosial, ekonomi, dan politik yang lebih baik. Dalam perspektif tertentu harus mengacu pada masa depan yang jelas, yang pada akhirnya terbentuk watak pe…
Dalam era globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi, persoalan kompetensi menjadi semakin tidak sederhana. Karena globalisasi dan kemajuan teknologi telah menimbulkan berbagai perubahan dengan imbas yang sangat luas. Permasalahan kompetensi termasuk yang terkena imbas paling luas. Sebagai contoh, ada sejumlah okupasi yang hilang akibat kemajuan teknologi, terutama okupasi yang berbasis kompet…
Kepemimpinan transformasional memiliki peran penting untuk mengembangkan kelembagaan pendidikan. Pun di pesantren, kepe-mimpinan ini menempati posisi esensial yang mewarnai seluruh dinamika kependidikan serta mendinamisasikan perubahan, terutama pada situasi yang transisional. Dimensi abstrakta seperti visi dan misi kelembagaan dapat diwujudkan secara konkreta dengan tetap berpijak pada nilai-n…
Segala kebenaran maunya diketahui dan dinyatakan, dan juga dibenarkan; kebenaran itu sendiri tidak memerlukan hal itu, karena dialah yang akan menunjukkan apa yang diakui benar dan harus berlaku. (Paul Natorp) Fakta kebenaran di ranah kemanusiaan merupakan sesuatu yang livalensi seperti koin yang bermata dua, di satu sisi mampu "trpihak pada komunitas marginal dan sisi yang lain berpihak pad…