Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan profesinya dalam menyusun karya tulis sebagai pubiikasi dan karya inovatif, sejalan dengan tuntutan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit. Karena itu, buku ini membahas tentang pubiikasi dan karya inov…
Guru nyaris selalu menjadi tumpuan kesalahan, ketika di sana-sini masih banyak ditemukan siswa dengan prestasi akademik dan kepribadian di bawah standar. Pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan nonformal (PTK-PNF) pun menderita tudingan yang sama, ketika proses pembelajaran dan capaiannya pada banyak lembaga PNF belum sepenuhnya menggembirakan. Pendapat umum yang mengarah pada "tuding-menud…
Buku ini menawarkan bagaimana metodologi penelitian, khususnya untuk ilmu-ilmu sosial yang seharusnya. Dengan memberikan skema dasar penelitian dan metode ilmiah, konsep dan metode studi ilmu-ilmu perilaku, serta perangkat teknis yang diperlukan dalam melakukan penelitian sampai pada penulisannya, setidaknya dapat membantu mahasiswa menyelesaikn penelitian untuk skripsi.
Proses pembelajaran pada semua jenis, satuan, dan jenjang pendidikan tanpa dipandu dengan pemahaman guru tentang perkembangan peserta didik hanya akan menjelma sebagai tindakan rambang dan cenderung antipedagogis. Dengan praktik-praktik anomali semacam itu, transformasi bahan ajar oleh guru akan menjelma laksana memitih beragam sajian menu prasmanan hanya semata-mata atas dasar reka-reka selera…
Praktik-praktik pembelajaran tanpa dipandu oleh konsepsi dan teori-teori psikologi pendidikan akan melahirkan kehampaan nilai-nilai edukasional dalam keseluruhan interaksi guru dan siswa. Keberhasilan guru mentransmisikan bahan ajar sebagai fungsi pembelajaran sejati, harus diterima sebagai konsep yang usang, kecuali di dalamnya juga mengintegral sentuhan psikologis secara seutuhnya, sesuai den…
Pendidikan nasional kita masih menghadapi aneka persoalan. Persoalan itu memang tidak akan pernah selesai, karena substansi yang ditransformasikan selama proses pendidikan dan pembelajaran selalu berada di bawah tekanan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemajuan masyarakat. Beberapa persoalan pendidikan kita yang menonjol saat ini adalah rendahnya mutu proses dan luaran pendidikan, komi…
Pendidikan dan Pembelajaran merupakan dua sisi yang berbeda sekaligus bersentuhan erat. Pembelajaran merupakan bisnis inti pendidikan pada temp at dan situasi apa pun. Praktik pendidikan dan pembelajaran yang tidak dipandu oleh teori atau ilmu pendidikan merupakan awal dari bencana proses kemanusiaan, pemanusiaan, dan pembudayaan manusia. Pemikiran yang radikal mengatakan bahwa praktik pendidik…
Merujuk pada kurikulum dan aneka silabus profesi kependidikan yang banyak dikembangkan di perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan guru dan tenaga kependidikan, menu sajian buku yang dihadirkan di haribaan pembaca disajikan seperti berikut ini. Pertoma, esensi dan ranah profesi kependidikan. Keduo, guru dan tenaga kependidikan profesional. Ketiga, profesi dan prisip-prinsip profesionali…
Guru berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal ini guru harus mengajar dengan profesional, yang mampu menyuguhkan suatu pengajaran yang menarik. Artinya, guru harus mampu memilih dan memilah metode pengajaran dan menentukan media dan sumber belajarnya. Berkenaan dengan hal tersebut, buku ini sangat membantu para guru dan pengelola pendidikan lainnya agar memahami d…