Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan Berbasis Green Economy, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi. Buku ini terdiri dari 13 bab yang menjelaskan mengenai konsep, motivasi, dan solusi dalam berwirausaha, serta konsep green economy di Indonesia. Soal latihan dan tambahan kasus diberikan diakhir…
Buku ini dapat meningkatkan pemahaman dengan membahas tuntas kewirausahaan, mulai dari konsep dasar, manajemen kewirausahaan, kewirausahaan strategis, kreativitas dan manajemen inovasi, regkonisi peluang dan menghasilkan ide, analisis kelayakan bisnis, model bisnis, analisis industri dan kompetitor, menulis rencana bisnis, mempersiapkan landasan etika dan hukum, perencanaan organisasional, pere…
Sudah menjadi keyakinan yang jamak, bahwa pembelajaran yang efektif tidak dapat hanya dilakukan dengan metode klasikal atau perkuliahan yang menempatkan mahasiswa sebagai objek pasif yang harus mencerna informasi apapun yang diberikan oleh pengajar. Melainkan, dibutuhkan metode pembelajaran yang terpusat pada siswa (student-centered learning) yang mendorong mahasiswa untuk berperan sebagai pemb…
Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Seri 8 ini memiliki tema Business Resilience in the Era of Pandemic dan memuat sepuluh kasus yang diharapkan dapat memberikan gambaran bisnis yang berusaha bertahan dan berkembang di tengah gempuran pandemi Covid-19 yang belum juga selesai. Dalam kondisi yang sulit tersebut. ketangguhan bisnis menjadi kunci utama karena memungkinkan terjaganya kualitas hidu…
Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Seri 6 ini bertemakan Leadership and Innovation in Disruptive Era dengan 9 kasus di dalamnya diharapkan memberikan perspektif yang lebih komprehensif dan pemahaman yang lebih paripurna tentang dilema dan dinamika pemimpin dalam menavigasi perubahan. Kompleksitas perubahan tersebut dialami di berbagai konteks perusahaan baik perusahaan BUMN maupun perusahaan…
Buku kasus seri ketiga ini adalah bentuk komitmen dan kontribusi nyata yang berkelanjutan dari Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM bagi perbaikan proses pembelajaran di perguruan tinggi, terutama di sekolah-sekolah bisnis. Kesepuluh kasus yang ada di seri ini merupakan hasil kolaborasi antara dosen MM FEB UGM, mahasiswa, alumni, dan perusahaan Indonesia untuk memb…
Buku Strategi UMKM dan Bisnis Kreatif adalah panduan yang menginspirasi dalam dunia bisnis yang dinamis dan berdaya saing. Buku ini menawarkan panduan mendalam untuk pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta bisnis kreatif, dengan fokus kuat pada inovasi sebagai kunci kesuksesan di era ekonomi yang berubah cepat. Pembaca akan diajak dalam perjalanan mulai dari perencanaan awal h…
Buku Kewirausahaan “Disertai Authentic Assesment dan Nilai-nilai Islam” dapat diselesaikan dengan baik. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penyusun dalam mengajar Kewirausahaan. Selain itu, Buku ini juga disusun dari banyak sumber belajar yang telah terpublikasi
Secara filosofis keberadaan buku ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Magister Kenotariatan di seluruh Indonesia dalam membuat akta badan usaha. Badan usaha dapat dibedakan menjadi dua macam, berbadan hukum dan tidak berbadan hukum. Badan usaha yang berbadan hukum, meliputi perseroan terbatas, yayasan, dan koperasi. Sedangkan yang tidak berbadan hukum, meliputi persek…
Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor, salah satunya adalah sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Lesunya permintaan pasar akibat Covid-19 memperparah kondisi UKM. Beberapa kegiatan pengabdian yang disajikan dalam buku ini sebagai kontribusi perguruan tinggi dalam memberdayakan UKM untuk bangkit pada masa pendemi Covid-19. Kegiatan pengabdian yang disajikan dalam buku ini menyajikan …
“Mempunyai sesuatu ciri yang sangat khas, jangan sungkan dan jangan malu malu untuk mengembangkannya ciri khas tersebut, karena akan menjadi suatu bisnis sampingan, apalagi mahasiswa yang sehari hari berkutat belajar di kampus atau Karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan, ada beberapa yang bisa digali yaitu potensi terhadap dirinya sendiri, seperti modal penampilan, punya wajah manis, be…
Buku ini kami susun untuk mengarahkan mahasiswa akuntansi, manajemen, dosen akuntansi, dan umum agar menguasai penerapan penganggaran di perusahaan. Buku ini memberikan panduan dalam menyusun anggaran perusahaan dalam suasana sebenarnya secara sistematis dan terarah sesuai dengan urut-urutannya.
Buku ini merupakan hasil kajian mendalam yang dituangkan dalam bentuk bacaan popular dilakukan atas kerja-sama antara Aliansi Petani Indoensia (API) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Buku ini tidak hanya membahas proses produksi dan teknik budidaya, namun juga melihat tantangan dan hambatan yang dihadapi petani, kelompok tani, organisasi dan asosiasi petani dalam masa transisi hing…
Setiap pebisnis harus memiliki buku ini. Buku ini akan memberikan panduan atau tutorial secara terpadu tentang bagaimana membangun sebuah kerajaan bisnis yang efektif bagi para pemula dan menjadi seorang pengusaha yang sukses, dengan menciptakan keunggulan bersaing melalui sebuah perencanaan bisnis dan aktivitas pemasaran yang terstruktur dan terkelola dengan baik. Pembahasan yang ada dalam…
Kewirausahaan bukanlah pengetahuan yang baru lahir, tetapi belajar dan menjalani serta mengajarkan berwirausaha perlu landasan pacu yang memadahi. Untuk menjaga kredibilitas dan dependabilitas buku ini, telah dilakukan berbagai upaya metodologis dan berproses yaitu observasi, diskusi dan wawancara, serta review dari berbagai kalangan. Buku ini disusun sebagai upaya untuk menggeser paradigma wir…
Buku ini memberikan gambaran dan wawasan untuk calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era revolusi digital 4.0. Siap tidak siap era 4.0 akan tiba, bahkan sudah dapat dirasakan perubahan era ditandai dengan mulai bergesernya gaya belanja konsumen dari offline ke online. Dengan buku ini pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan antara lain adalah : • UMKM dapat mengetahui gamb…