Untuk mengembangkan aspek-aspek ini, perlu adanya dukungan dari orang tua, guru, dan lingkungan sekitar melalui pemberian kesempatan, fasilitas, dan motivasi. Memberikan ruang bagi anak untuk bereksplorasi, belajar, dan mencoba berbagai hal dapat membantu menemukan minat, bakat, serta pontensi yang mungkin saja mereka miliki. Selain itu, pengembangan kreativitas dapat dilakukan dengan memberika…
Manajemen PAUD adalah jantung dari setiap lembaga pendidikan anak usia dini. Melalui perencanaan yang cermat, pengorganisasian yang sistematis, dan pelaksanaan yang konsisten, manajemen PAUD memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Ketika manajemen PAUD berjalan dengan baik, kita akan melihat anak-anak yang ceria, aktif, dan memiliki rasa p…
Buku ini memaparkan berbagai konsep dasar dan teori pendidikan dan pengasuhan, juga memuat informasi dan penjelasan yang cukup sistematis tentang aplikasi atau penerapan pendidikan dan pengasuhan dalam berbagai konteks, seperti pengembangan karakter dan kreativitas anak, komunikasi efektif dalam pengasuhan, pemberdayaan orang tua dan sebagainya.
Buku mengasah kreativitas anak usia dini dari bahan loose parts disusun berdasarkan isu terkini dan terbaru terkait pengembangan kreativitas anak menggunakan bahan loose parts. Apa itu loose parts? yuk baca buku ini
Buku ini bertujuan untuk memberikan pengantar mengenai Kreativitas dan Keberbakatan bagi pada mahasiswa fakultas Psikologi dan Fakultas Keguruan agar memahami dan ke depannya mampu menggunakan secara tepat teori-teori mengenai Kreativitas dan Keberbakatan dalam merancang pembelajaran kepada anak didiknya. Materi yang dipaparkan dalam buku ini tidak terbatas hanya untuk kebutuhan perguruan tingg…
Buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak. Buku ini mengetengahkan mengenai tahap awal berpendidikan, mulai dari memilih pasangan suami maupun istri karena berkaitan dengan perkembangan anak, pola asuh, dan perlindungan hak hak anak dalam pembentukan karakter di dalam keluarga, disert…
Anak khususnya di fase awal atau usia dini, perlu distimulasi perkembangan kognitifnya agar ia mampu mengeksplorasi diri sendiri, orang lain, dan benda-benda ada di sekitarnya. Perkembangan kognitif dapat dibagi menjadi tiga konsep utama, yaitu konsep pengetahuan umum dan sains; konsep bilangan, lambang, huruf; serta konsep warna ukuran, bentuk, dan pola. Setelah pembelajaran dan pengembangan …
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan ini dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam penerapannya, diperlukan model pembelajaran khusus agar proses belajar lebih maksimal dan sesuai dengan jenjang kemampuan anak.
Buku Outbound untuk Anak Usia Dini merupakan hasil pengamatan penulis terhadap kegiatan anak usia dini yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan perangkat digital atau mobile handphone. Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat perangkat ini selain memberi dampak positif bagi anak juga memberi efek negatif terutama bagi perkembangan psikologis dan sosial anak nantinya. Buku i…
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang memberikan pelayanan kepada anak yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun. Pelayanan yang diberikan kepada anak berupa: perawatan, pengasuhan, pendidikan, dan pembinaan harus sesuai dengan teori dan praktik pembelajaran bagi anak usia dini. Anak usia dini memiliki potensi yang harus dikembangkan melalui rangsangan. Potensi-potens…
Buku ini berbicara tentang pentingnya untuk mendekati perkembangan anak usia dini secara komprehensif dalam multiperspektif yaitu dari perspektif agama, sosial budaya, psikologi, Kesehatan dan gizi, hukum, perspektif anak berkebutuhan khusus dan Pendidikan PAUD yang holistik integratif. Anak-anak diberikan Pendidikan yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan anak di setiap fase perkembangan…
Buku ini secara sederhana menjelaskan tentang definisi-definisi belajar dan proses penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif terutama kepada Anak Usia Dini. Dilengkapi dengan beberapa data hasil penelitian tim penulis di lembaga pendidikan Anak Usia Dini.
Setiap orang dewasa memerlukan berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, dan sejenisnya untuk terus meningkatkan kemampuannya. Berbeda dengan anak usia dini yang meningkatkan kemampuannya dengan cara bermain dan berkreativitas. Oleh karena itu, kreativitas anak usia dini harus ditingkatkan dengan berbagai cara. Akan tetapi, sebagian besar orangtua masih ada yang menganggap bahwa kemampuan ko…
Pelaksanaan kurikulum PAUD di Indonesia perlu menjadi perhatian bagi semua stakeholders pendidikan, termasuk pendidik, orang tua, komite sekolah, terlebih lagi pemerintah. Adanya sinergi antara anggota pelaku pendidikan membuat kurikulum yang dijalankan di Indonesia akan berlangsung secara optimal. Anak-anak pada usia 0-6 tahun dapat belajar tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Daya serap…
Secara garis besar buku ini berisi tentang pengertian kreativitas anak usia dini, perkembangan motorik halus anak, permainan balok dan aktivitas menggambar
Dalam buku ini penulis secara tuntas memaparkan buah pikirannya tentang bimbingan konseling anak usia dini sebagai solusi dalam menjawab permasalahan dunia PAUD dewasa ini. Bimbingan konseling anak usia dini bukan hanya penting dalam memberikan wawasan dan pencerahan bagi mahasiswa dan pendidik namun diharapkan dapat memberikan layanan bimbingan yang tepat dalam rangka menumbuh-kembangkan poten…
Buku ini memberikan pengenalan yang singkat dan mudah dipahami terhadap bidang pendidikan anak usia dini. Dengan menghadirkan desain yang menarik dan baru, buku ini menyajikan fi tur bab mengenai program pendidikan anak usia dini, yaitu praktik profesionalisme, strategi keberagaman, isu teknologi, dan pembuatan keputusan etika. Bab yang terpisah mengenai bayi dan batita, anak prasekolah, anak T…
Buku ini membekali guru dengan bimbingan yang berkaitan dengan hal-hal dasar, mulai dari perencanaan pelajaran dan penyusunan jadwal harian hingga penataan furnitur dan pengaturan aktivitas kelas. Buku ini juga memberikan saran untuk meningkatkan pembelajaran melalui pemberian contoh, interaksi yang bermakna, dan percakapan