Semangat utama buku ini adalah untuk memotret keberagaman sejarah di masyarakat. Semoga buku ini dapat menggambarkan keluasan ragam budaya sejarah dan menjadikan sidang pembaca tertarik untuk memperhatikan dan mendalaminya. Akan lebih membanggakan lagi apabila sidang pembaca kemudian terpanggil untuk melibatkan diri dalam dinamika budaya sejarah masyarakat, sehingga suara-suara yang selama ini …
Dengan melihat realitas pembelajaran literasi sejarah yang masih terbatas pada kegiatan membaca tanpa tujuan yang jelas, buku ini disusun dengan spirit untuk membantu guru-guru sejarah dan mahasiswa pendidikan sejarah dalam memahami lebih mendalam tentang konsep dasar literasi sejarah dan penerapannya pada pembelajaran. Harapannya guru dan mahasiswa menjadi lebih bersemangat untuk mengembangkan…
Pada mata pelajaran sejarah, literasi itu dikenal sebagai literasi sejarah yang melatih peserta didik untuk mengkritisi sumber sejarah, baik primer maupun sekunder. Pengalaman tingkat global memperlihatkan bahwa literasi sejarah menjadikan peserta didik memahami bahwa ilmu sejarah adalah ilmu interpretatif, sehingga hasil rekonstruksi sejarah merupakan dokumen yang terbuka untuk didiskusikan da…
Secara sederhana berpikir historis adalah kemampuan berpikir seperti sejarawan. Apabila dicerna lebih mendalam, kemampuan berpikir historis merupakan keterampilan yang dikuasai oleh sejarawan untuk melakukan penalaran mulai dari saat melakukan penelitian peristiwa sejarah sampai dengan menyusun penjelasan dan cerita sejarah. Termasuk di dalam keterampilan berpikir historis adalah strategi yang …
Buku ini membahas identitas keilmuan pendidikan sejarah, yaitu sebagai cabang ilmu pengetahuan yang bertugas mengembangkan potensi manusia melalui penanaman kesadaran sejarah dan pengembangan kemampuan berpikir historis. Kesadaran sejarah adalah kemampuan reflektif dan proyektif terhadap pengalaman dan pemahaman masa lampau untuk dijadikan landasan dalam menjalani masa kini, serta panduan menuj…
Sejalan dengan tuntutan profesionalisme guru, terutama guru sejarah atau IPS, penelitian pendidikan sejarah merupakan salah satu aktivitas yang penting. Guru seharusnya tidak hanya dituntut untuk mengajar saja, tetapi kegiatan riset juga mendesak menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan mereka di tengah-tengah siswanya. Kegiatan itu akan menunjang profesi guru dengan berbagai…