Text
Pembelajaran literasi sejarah
Pada mata pelajaran sejarah, literasi itu dikenal sebagai literasi sejarah yang melatih peserta didik untuk mengkritisi sumber sejarah, baik primer maupun sekunder. Pengalaman tingkat global memperlihatkan bahwa literasi sejarah menjadikan peserta didik memahami bahwa ilmu sejarah adalah ilmu interpretatif, sehingga hasil rekonstruksi sejarah merupakan dokumen yang terbuka untuk didiskusikan dan diperdebatkan dari berbagai perspektif. Bahkan Prof. Bambang Purwanto menjelaskan bahwa hasil rekonstruksi sejarah lebih merupakan perwujudan pemikiran sejarawan dari pada peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau. Dengan melihat realitas pembelajaran literasi sejarah yang masih terbatas pada kegiatan membaca tanpa tujuan yang jelas, buku ini disusun dengan spirit untuk membantu guru-guru sejarah dan mahasiswa pendidikan sejarah dalam memahami lebih mendalam tentang konsep dasar literasi sejarah dan penerapannya pada pembelajaran. Harapannya guru dan mahasiswa menjadi lebih bersemangat untuk mengembangkan diri melalui literasi sejarah. Dengan demikian pembelajaran sejarah dapat lebih maju dan menyembuhkan penyakit kronis yang telah menstigma pelajaran sejarah berpuluh tahun, yaitu sebagai hafalan.
Tidak tersedia versi lain