Image of Membangun sekolah Islam unggul

Text

Membangun sekolah Islam unggul



Buku ini sejatinya merupakan buah dari kegelisahan penulis mendapati realitas pendidikan di Indonesia, yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam (PAI). Mata pelajaran PAI yang selama ini diajarkan mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi seharusnya dapat membentuk pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah sSi, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional iSisdiknas), Pasal 3, yang berbunyi:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pada kenyataannya, pengajaran PAI di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi dianggap beberapa ahli belum berhasil dalam membentuk moralitas anak bangsa secara nasional. Indikasi ketidakberhasilan tersebut ditandai dengan makin maraknya penyimpangan perilaku peserta didik dan output pendidikan secara umum, seperti tingginya kasus korupsi, perbuatan asusila, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, dan Iain-lain. Padahal, pendidikan agama secara formal merupakan landasan spiritual yang menentukan dalam pembentukan moralitas, watak, dan kepribadian bangsa secara nasional.
Belakangan ini muncul konsep Sekolah Islam Terpadu, yang menggabungkan konsep dasar Aktivitas Terpadu (Integrated Activity) dan Kurikulum Terpadu (Integrated Curriculum). Ditambah lagi dengan adanya "kompetisi" di antara Sekolah Islam Terpadu telah memunculkan kreativitas dan inovasi yang menciptakan sistem pendidikan unggul, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Sejauh mana konsep Sekolah Islam Terpadu dapat menjadi solusi dalam menghasilkan output pendidikan di Indonesia yang masih jauh dari harapan, dituangkan secara komprehensif di dalam buku ini.
Secara spesifik, bahan dasar buku ini berasal dari penelitian yang dilakukan penulis di SMPIT Nururrahman, Depok. Lembaga pendidikan tersebut adalah "rumah" yang lebih dari satu setengah dasawarsa menjadi tempat penulis mengabdi dan menuangkan ide-ide dalam menggodok para siswa dalam kawah candradimuka pembinaan dan pendidikan. Penelitian tersebut dilakukan untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan penulis pada Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun, Bogor. Sekalipun demikian, hasil penelitian yang tertuang di dalam buku ini dapat digunakan sebagai model bagi Sekolah Islam Terpadu lainnya dalam rangka menyiapkan program serupa, bahkan untuk mengembangkan program yang lebih baik lagi. Selain itu, muatan ilmiah di dalam buku ini sengaja disajikan dalam bahasa populer agar enak dibaca.


Ketersediaan

292112X7.3 Bas m c.1Cadangan (Cadangan)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
292122X7.3 Bas m c.2Sirkulasi (Rak 3)Tersedia
292132X7.3 Bas m c.3Sirkulasi (Rak 3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 Bas m
Penerbit Emir : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxx, 242 hal. : il. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020935720
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this