Image of Hama-hama tanaman hortikultura

Text

Hama-hama tanaman hortikultura



Liberty Hyde Bailey (1858-1954), Bapak llmu Hortikultura, menyatakan bahwa hortikultura adalah pembudidayaan berbagai jenis bunga, buah-buahan dan sayuran serta tanaman hias. Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Rl (Bappenas), komoditas hortikultura terdiri dari buah-buahan, sayuran, tanaman hias, dan tanaman obat yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai usaha agribisnis.

Para ahli hortikultura mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dengan teknologi yang tersedia unL< meningkatkan produksi dan kualitas komoditas hortikultura bukan hanya untuk kesehatan manusia tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Kendala utama yang menghambat perkembangan industri hortikulttura adalah hama yang bukan hanya merusak sehingga menurunkan produksi tetapi juga menurunkan kualitas produk. Hama serangga, tungau, bakter jamur, virus, nematode, dan gulma dapat menyebabkan penurunan hasil sampai 40%. Serangga hama adalah yang paling bertanggung jawab atas kehilangan hasil produksi karena kerusakan langsung yang disebabkar : e-serangga hama sekaligusmenjadivektorpenyakit virus, bakteri, dan jamur. OlehkarenaituUSAID.FAO, Bank Dur a dan NGO mendukung pemerintah lokal dan nasional serta kelompok-kelompok tani melalui pembentukan dan pengembangan program Pengelolaan Hama Terpadu (PHT) seperti yang sudah diimplementasikan di Indonesa sejaktahun1980-an.

Buku ini menguraikan berbagai jenis hama yang menyerang atau merusak tanaman hortikultura, yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, bunga segar/potong, tanaman hias dan beberapa jenis tanaman obat. Uraian tentang setae jenis hama dimulai dengan penyebaran, siklus hidup, gejala dan kerusakan, tanaman inang lain serta cara pengendaliannya. Dalam hal pengendalian lebih ditekankan pada cara yang ramah lingkungan, yaitu pengendafai secara fisis/mekanis, kultural, penggunaan insektisida botanis, feromon dan agen hayati serta berupaya untuk kelestarian musuh alami dari hama yang bersangkutan. Setiap komoditas didahului dengan uraian singkat tertanc botani, kandungan nutrisi atau senyawa yang terkandung dalam setiap tanaman, manfaat atau bahaya sag kesehatan manusia.


Ketersediaan

29196R 632.6 Sem h c.1Referensi (Rak 4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
R 632.6 Sem h
Penerbit Lily Publisher : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 778 hal. : il. ; 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789792967647
Klasifikasi
632.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. I
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this