No image available for this title

Text

pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTR) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester genap SMP n 1 Gunung Agung TP. 2014/2015



ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil
belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Gunung
Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII SMP Negeri l Gunung Agung Semester Genap Tahun Pelajaran
2014/2015 yang berjumlah 195 siswa Sampel diambil secara sampling purposive
dan diperoleh kelas VII.6 yang berjumlah 33 sebagai kelas yang dijadikan
penelitian eksperimen atau sebagai kelas yang mendapat perlakuan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas VII.5 sebagai
kontrol yang berjumlah 33. Dari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus
Regresi linier sederhana didapatkan thng =8,20 dengan tmbe. =2,46 pada taraf
signi?kasi 0,01 atau 1% ,sedangkan T tabel=l,70 pada tarap signi?kasi 0.05 atau
5%,dengan demikian thimng > tube]. Ini berarti Regresi linier sederhana bersifat
nyata atau hipotesi diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa strategi belajar
dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas
VII semester genap SMP Negen' 1 Gunung Agung Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci : Pengaruh, Pedekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Hasil Belajar


Ketersediaan

SPE-041041 Pend. Ekonomi 2015Rg. Skripsi (Pend. Ekonomi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
041 Pend. Ekonomi 2015
Penerbit Univ.Muhammadiyah Metro : Metro.,
Deskripsi Fisik
xvii, 136 hal.:il.; 29 cm+lamp.(56 lembar)
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this