Image of Belajar keterampilan motorik

Text

Belajar keterampilan motorik



Belajar keterampilan motorik atau keterampilan gerak merupakan sesuatu yang sangat penting. Gerak merupakan salah satu inti aktivitas manusia dalam kehidupan. Sejak manusia dilahirkan manusia sudah aktif bergerak. Dalam kehidupan sehari-hari ada dua bagian besar tentang gerak, yaitu gerak sebagai tujuan dan gerak sebagai alat atau instrumen untuk mencapai tujuan. Dalam realitas kehidupan, ternyata manusia sangat tergantung pada geraknya, terutama gerak sebagai alat untuk mencapai tujuan, oleh karenanya, gerak perlu dipelajari dan dilatih, sehingga gerak yang dilakukan menjadi efisien, efektif, dan produktif.

Buku ini membahas secara mendasar tentang gerak dan manusia, proses terjadinya gerak dan bagaimana mengajarkan dan melatih keterampilan gerak atau keterampilan motorik serta persoalan apa yang dihadapi ketika seorang mengajarkan atau melatih keterampilan gerak. Buku ini juga membahas tentang tingkat-tingkat belajar keterampilan motorik yang dibagi atas tiga tingkatan. Fase belajar tingkat pertama merupakan fase belajar keterampilan motorik dalam bentuk koordinasi kasar. Kemudian fase belajar keterampilan motorik tingkat kedua sebagai fase penguasaan keterampilan motorik dalam bentuk koordinasi halus. Adapun belajar motorik tingkat ketiga merupakan fase pembentukan automatisasi dan pembentukan kemampuan transfer keterampilan dan kemampuan motorik ke dalam berbagai situasi dan kondisi. Bagaimana aplikasi tingkat-tingkat belajar tersebut ke dalam proses pembelajaran, dalam buku ini dibahasi secara perinci yang dilengkapi dengan contoh-contoh konkret.

Memahami substansi buku ini sangat diperlukan dan sangat mem-bantu baik bagi guru pendidikan jasmani, pelatih, dan instruksi olahraga dalam memilih materi dan metode serta strategi pembelajaran yang sesuai bagi peserta didik atau para atlet binaannya. Selain hal tersebut dengan memahami substansi buku ini maka, upaya pengendalian proses pembelajaran dan latihan dapat berlangsung secara efisien dan efektif.


Ketersediaan

30472371.3 Kir b c.1Cadangan (Cadangan)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
30473371.3 Kir b c.2Sirkulasi (Rak 4)Tersedia
30474371.3 Kir b c.3Sirkulasi (Rak 4)Tersedia
30475371.3 Kir b c.4Sirkulasi (Rak 4)Tersedia
30476371.3 Kir b c.5Sirkulasi (Rak 4)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 Kir b
Penerbit Prenada Media Group : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 155 hal. : il. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024227791
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. I, cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this