Sebelum berkembangnya teknologi dan pengobatan modern, masyarakat selalu menggunakan bahan alami langsung dari alam sebagai obat, terutama jenis tumbuhan yang dipercaya mampu mengobati penyakit-penyakit yang diderita ketika itu. Pengetahuan obat tradisional tersebut secara perlahan akan menghilang karena masyarakat sudah tidak mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengemba…
Buku ajar Monocotyledoneae ini, mempelajari tentang ciri umum tumbuhan Monocotyledoneae (Monokotil), klasifikasi atau pembagian tumbuhan yang termasuk dalam ordo monokotil yang meliputi ordo alismatales, bromeliales, liliales, cyperales, poales, pandanales, zingiberales, orchidales, arecales, serta mempelajari ciri karakteristik dan manfaat masing-masing contoh tumbuhan. Beberapa contoh tumbuha…
Fakta ilmiah suatu tumbuhan berhubungan erat dengan sfat-sifat: morfologi atau bentuk luar (Fitografi) tentang akar, batang, daun, bunga, buah, dan bijinya; hal ini mungkin berhubungan dengan ukuran, bentuk, warna jumlah dan bentuk bunga, juga mengenai umbi atau kebiasaan tumbuh, kandungan zat, habitat tumbuh, asal negara atau daerah. Penamaan tumbuhan yang ada sekarang dinisbatkan atau dikaitk…
Buku panduan praktikum Seintific Approach untuk guru sub judul "Pengembangan Kompetensi Domain Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Melalui Model Pembelajaran Project Base Learning (PjBL) Berbasis Praktikum Pemurnian Minyak Jelantah . -enggunaan metode project Based Learning (PjBL) membutuhkan perencanaan dan waktu yang lama, sehingga percobaan pemurnian minyak jelantah ini dibagi menjadi 5 kegiat…
mempelajari penggolongan dan klasifikasi tumbuhan rendah berdasarkan alat perkawinan atau perkembangbiakannya serta ciri-ciri morfologi dll. Disamping itu juga dikaji dan dianalisis tentang sistematik dan taksonomi tumbuhan yang tergolong ke dalam tumbuhan rendah seperti Schizophyta, Algae, Bryophyta, Pteridophyta dan jenis makhluk hidup lain yang dipelajari dalam ilmu botani seperti Fungi dan …
Buku hasil penelitian pengembangan yang berjudul "Model panduan pembelajaran Psikomotorik Biologf. Model panduan pembelajaran Psikomotorik ini dirancang dan disesuaikan untuk keperluan pengembangan kegiatan Pend'idik dalam membelajarkan siswa untuk memenuhi tuntutan Kurikulum yaitu pada kompetensi psikomotorik (Kompetensi Inti ke-4), yang mengacu pada pendekatan Sains (Scientific Approach). …